9.16.2013

Tips Sebelum Instal Program Baru


     Sebagian besar banyak yang meremehkan masalah keamanan saat instal, banyak yang mengira dengan menginstal program baru akan baik-baik saja tidak ada yang rusak ataupun error di dalam pc maupun laptop, ini yang harus di perhatikan lagi untuk menjaga-jaga sebelum hal yang kita tidak ingin kan terjadi, emang mudah untuk manambah program baru tinggal ikuti langkah dan next terus sampai selesai, tidak memperhatikan riques hardware program tersebut, dengan meneliti minimum hardware pada program baru berapa, os yang digunakan untuk sport program baru apa, itu yang lebih penting sebelum menginstal program baru di pc maupun laptop.



Oke lah, untuk anda yang menypelekan hal tadi enggak apa-apa, itu urusan kamu kok, yang penting saya sudah memperingati bagi anda yang sembarangan menambah program baru.

Untuk anda yang suka coba-coba program baru di pc maupun laptop baik yang sudah mahir ataupun yang baru belajar apalagi harus lebih mempelajarinya lagi, kini saya share tips sebelum instal program  baru di pc maupun laptop yang aman supaya tidak terjadi yang tidak kita inginkan, karena bisa saja kesalahan yang patal akibat suka mencoba program yang baru akan menybabkan hank atau ngeblank, menyebarnya virus ke program yang lain, terjadinya kesalahan di registry, dan mengakibatkan bluescreen.

untuk itu saya punya tips buat anda yaitu dengan membuat system restore, tidak asing lagi buat yang sudah mahir atau kelas tinggi, kini saya bagikan buat yang belum atau apa itu system restore, saya jelaskan intinya saja yah, yaitu mengembalikan semua data, pengaturan, registry, dan pengaturan yang lainnya di pc/laptop yang sudah ditetapkan ke waktu semula,.

Langsung saja kini saya berikan tutorial untuk system restore, sebelum anda menginstal atau menambah program baru, anda harus buat cadangan system restore baru, untuk menambahnya pada keadaan pc/laptop yang baik atau bagus, untuk menambahnya silahkan ikuti cara di bawah.

Langkah  pertama I (membuat data cadangan)

Ketik tombol start + Pause break pada keyboard anda > pilih system protection, lihat gambar di bawah.



Kemudian klik create untuk menambah system restore dalam artian pada suatu saat nanti pc anda terserang virus atau rusak dan melakuan system restore ke awal pada saat anda menambah data system restore kemudain pc anda akan kembali normal seperti saat anda menambah system restore tersebut.

Setelah klik create akan muncul jendela baru seperti gambar di bawah.



Selanjutnya anda memberi nama terserah anda entah itu tanggal waktu saat anda membuat system restore atau nama yang lain. Kemudian klik crate, 


dan tunggu untuk memeproses, lalu tekan ok.

Nah sekarang anda punya cadangan pc anda dalam keadaan baik atau sehat, sekarang anda bebas melakukan apa saja, entah itu menambah program baru, menambah settingan yang baru, atau yang lain.

Bila suatu saat pc anda terserang virus, ngehank, ngeblank, ataupun kerusakan yang lain, anda tidak usah melakukan instal ulang windows anda, karena anda punya cadangan system restore pc saat ke adaan yang baik, untuk itu cara melakukan mengembalikan keadaan pc ke adaan yang baik dan sehat pada waktu sebelunya, anda tinggal melakukan system restore, untuk mengembalikan semua settingan ke awal yang sudah anda sediakan pada saat anda membuat create system restore di langkah pertama.

Langkah kedua (mengembalikan pc ke adaan normal yang sudah disediakan)

Untuk melakukan restore atau mengambalikan keadaan seperti saat anda mebuat create system restore, dengan cara langkah di bawah ini.
Tekan tombol Start + Pause break > system protection


Selanjutnya klik system restore akan muncul jendela seperti gambar di bawah.


Dan klik  atau pilih choose a different restore point > klik next >, akan muncul jendela baru seperti gambar di bawah.


Cari nama data yang anda buat  pada langkah pertama > selanjutnya klik nama data anda yang anda buat > klik next > kilik ok, kemudian tunggu beberapa menit untuk memproses dan otomatis merestart. Windows akan memproses mengembalikan data ke waktu yang anda buat pada langkah pertam, sehingga bila langkah kedua ini pc anda dalam keaadan kurang baik dan melakukan system restore dengan mengembalikan data yang sudah anda buat pada langkah pertama, sehingga pada saat proses system restore selesai windows akan merestart dan pc anda kembali normal dalam keadaan baik.

Itu saja yang saya share mohon maff bila ada kata yang salah atau ada kata yang enggak enak di baca, semoga anda bisa memahaminya.

Semoga bermanfaat…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar