9.16.2013

Cara Mengatasi CD/DVD Tidak Terbaca

       Sering kali saat memasukan CD/DVD tidak terbaca oleh pc atau laptop entah itu hardwarenya atau kepingan cd/dvd nya, sungguh tentu saja sangat menjengkelkan, apa lagi file-file di dalam cd/dvd nya file penting semua. Nah, saya punya solusi untuk mengatasi hal tersebut karena saya juga mengalaminya sendiri dan untungnya bisa di atasi dengan baik. Anda jangan terburu-buru pergi ke tukang bengkel, apa lagi harus ganti hardwarenya, coba dulu dengan cara berikut ini untuk mengatasinya.



Screenshort cd/dvd yang tidak terbaca atau error



Tapi sebelum melakukan cara ini anda butuh program cd/dvd yang saya gunakan dengan program Ashampoo burning studio 2013 untuk mendownloadnya silahkan klik link di bawah ini

Bila anda sudah ada programnya langsung saja, dan ikuti langkahnya.
Pertama buka program ashampoo burning studio 2013 nya >
Selanjutnya pilih disc images > Create a disc image from a cd/dvd, lihat di gambar


Dan akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini


Silahkan cari letak driver cd/dvd yang tidak terbaca, missal di driver F: lalu klik open tray, dan tunggu untuk memproses apakah cd/dvd anda masih bagus atau sudah rusak, bila di gambar kepingan cd ada tanda ceklis, berati anda selamat cd/dvd anda masih bisa di perbaiki, selanjutnya klik next dan akan mucul jendela seperti gambar di bawah


Di sini anda mengatur penyimpana file yang ada di dalam cd/dvd dengan klik browser > pilih folder tempat penyimpanan file cd/dvd ke dalam hardisk anda, lalu beri nama file cd/dvd anda dan pilih format file ISO FIles (.iso;.img), lalu save, selanjutnya klik next dan akan muncul jendela seperti gambar di bawah.


Di langkah ini file cd/dvd anda sedang di proses untuk di salin ke hardisk anda dan memerlukan waktu beberapa menit untuk menyelesaikanya.
Bila proses semuanya selesai akan muncul jendela baru seperti gambar di bawah


Selanjutnya anda klik open output folder untuk membuka hasil proses penyimpanan file cd/dvd anda. Sekarang file cd/dvd anda bisa di buka dengan winrar atau power iso.

Itu saja yang saya share kali ini, bila langkah di atas kurang mempan berarti cd/dvd anda sudah rusak total atau kemungkinan hardware cd/dvd anda sudah rusak, coba bersihkan dulu optic cd/dvd anda lalu ulangi langkah di atas.
Semoga bermanfaat…

17 komentar:

  1. gan, kalo softwarenya lagi ngebaca cd/dvd nya masih bagus kayak gimana tuh? kasih screenshootnya donk

    BalasHapus
  2. lihat gambar yang ke-4 itu masih bagus gan, kalau udah rusak gambarnya bukan ceklis, tapi tanda silang.

    BalasHapus
  3. Gimana klw saat proses tiba2 putus muncul tanda silang....apakah tersimpan file sebagian yg terproses itu?

    BalasHapus
  4. klw proses di tengah tiba2 gagal, kemungkinan cd/dvd room ada masalh coba optik'y di bersihin terlebih dahulu, kemungkinan kedua kepingan cd/dvd'y emang udh bermasalah... sehingga tidak bisa menyimpan hsil'y.

    BalasHapus
  5. broo kaloo misal kita uda sampe tahap gambar ke 3 dan waktu mau pilih format iso file malah ga ada..
    yg muncul cuman all file dan apa gitu..
    lalu saya ahrus pilih yg mana ya???

    BalasHapus
  6. pilih format iso ga ada broo yg ada cuman (.cue, .ashdisc, dan all file) saya harus pilih yg mana bro??
    thank you

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Gan, pas softwarenya lagi ngebaca cd/dvdnya pas udeh selesai tulisannya malah no disk itu yang bermasalah cd/dvdnya apa drivernya

    BalasHapus
  9. @vcant. klw file iso y gx kebaca, coba agan cek lagi file iso y, apakah file y bener2 format iso, atau format lain, kemungkinan klw format bukan .iso, .cue, .ashdisc,akan tidak terbaca,

    BalasHapus
  10. @leonard. bukan masalah drivernya gan, kemungkinan hardware cd/dvd agan masalah coba bersihkan dulu dalamnya yang paling penting coba bersihin optic y bila perlu coba tes dengan cd/dvd eksternal, atau tes ke leptop y lain, kemungkinan kedua yaitu kepingan cd/dvd agan bermasalah.

    BalasHapus
  11. Cara muter di ultraiso gimna bro

    BalasHapus
  12. saya mau masukin file ke cd-rom kosong, di device manager cd-rom nya sudah terdeteksi, tapi pas saya cek di disk management gak ada, terus pas saya buka di harddsik driver nya gk bisa. malah keluar tulisan klo format cd tidak bisa dibaca windows sehingga harus di format dulu, maksdunya gimana gan ?
    udah saya coba muter film [cd-rom yg ada isinya] fine2 aja, terus yang bermaslah apanya gan ?

    BalasHapus
  13. mau tny dong... foto di cd gk bisa dibuka kenapa ya? padahal ukuran filenya masih tetap sama

    BalasHapus